Pages

Rabu, 22 Februari 2012

Media Hidroponik


SEJARAH
Hydrogel adalah penemuan terbaru yang menarik untuk mempermudah sistem pertanian hidroponik. Kristal-kristal polimer ini bisa dijadikan media tanam yang praktis karena sifatnya yang mampu menyerap air, sehingga pekebun akan dibebaskan dari rutinitas menyiram tanaman, selain itu dengan keanekaragaman warnanya bisa memperbaiki penampilan tanaman secara keseluruhan, karena bisa disesuaikan dengan selera dan diselaraskan dengan warna tanaman. Hal ini dapat menciptakan keindahan dan keasrian tanaman hias yang ditempatkan di ruang tamu atau di ruang kantor.
Selain sebagai media tanam bagi tanaman hias, hidrogel juga cocok untuk perkebunan dan hutan tanaman industri. Hidrogel digunakan sebagai campuran untuk menyempurnakan tanah. Jeli dari hidrogel lazim pula digunakan untuk budidaya jamur shiitake. Selain itu gel ini berguna bagi pertanian di kota-kota besar yang lahannya sempit serta kualitas tanahnya jelek. Sedikit tanah, diberi campuran hidrogel dan pupuk, bisa menjadi media yang baik untuk berkebun. Menurut ensiklopedia Wikipedia, hydrogel adalah suatu jaringan rantai-rantai polimer yang mudah menyerap air, hidrogel adalah polimer penyerap super (superabsorbent), ia dapat mengandung air hingga 99%. Hidrogel adalah kristal-kristal pengisap air, mampu menyerap air 600 kali dari bobotnya. Kristal-kristal ini tampak seperti butiran-butiran kecil kwarsa sebelum jenuh dengan air, dan mirip cabikan jeli jernih bila air ditambahkan.
Bahan-bahan pembentuk hydrogel biasanya terdiri dari:
ü  polyvinyl alcohol
ü  polyacrylate,
ü  polimer-polimer acrylate lainnya
ü   ko-polimer dengan kelompok hydrophilic (pengikat air) yang melimpah.
ASAL MULA HYDROGEL
  • Polimer buatan yaitu sejenis karet yang kekenyalannya mendekati agar - agar dan bisa menyerap air hiingga 100 - 200 kali ukurannya. 
  • Ditemukan sekitar tahun 1978 oleh ilmuwan swiss
  • Pertama kali digunakakan oleh dunia kesehatan untuk pengobatan luka bakar, operasi plastik, lensa kontak, dll.
  • Sekitar tahun 1990 an Perancis dan Belgia mengembangkan untuk kultur jaringan dan pertanian.
FUNGSI  HIDROGEL
Hidrogel berfungsi menyerap dan menyimpan air dan nutrisi untuk tanaman dalam jumlah besar. hidrogel dapat terurai melalui pembusukan oleh mikroba sehingga produk ini aman digunakan. Hidrogel tidak larut dalam air tetapi dia hanya menyerap dan akan melepaskan air dan nutrisi secara proporsional pada saat dibutuhkan oleh tanaman. Dengan demikian tanaman akan selalu mempunyai persediaan air dan nutrisi setiap saat karena hidrogel berfungsi menyerap dan melepaskan ( absorption - release cycles) .Hidrogel mampu menyerap air sebanyak 100 - 200 kali berat hidrogel itu sendiri.Hidrogel ini dapat digunakan untuk pengganti media tanah dan campuranmedia tanam pada tanaman pot, lahan pertanian, perkebunan, hutan dll. Fungsi hidrogel membantu mengurangi volume dan frekuensi penyiraman tanaman .
BENTUK HIDROGEL
Hidrogel itu bisa dibentuk beraneka ragam, tapi itu juga tergantung teknologinya. Sedangkan untuk hidrogel yang beredar dipasaran ada empat model bentuknya:
1.      Hidrogel berbentuk kristal.
Sewaktu kering bentuknya seperti gula pasir, setelah direndam maka hasilnya menjadi seperti kristal. Untuk bentuk kristal terdapat dua ukuran yaitu M & L



2.      Hidrogel berbentuk bulat.
Sebelum direndam bentuknya seperti biji kacang hijau yang tentu saja sudah bulat. Hampir sama seperti bentuk kristal, terdiri dari ukuran M & L.



























3.      Hidrogel berbentuk kotak.
Sebelum direndam dengan air sudah berbentuk kotak, setelah direndam berarti terjadi penambahan ukuran dengan bentuk setelah direndam air persis seperti agar - agar yang berbentuk kotak. Untuk ukurannya hanya satu ukuran yaitu L.
4.      Hidrogel berbentuk hewan.
Hidrogel dapat dibentuk beraneka ragam. Ini diperkuat dengan adanya hidrogel yang berbentuk aneka ragam hewan. Sedangkan untuk ukuran hidrogel yang berbentuk hewan lebih variatif, mulai dari ukuran S, M, L & XL.

CARA APLIKASI HIDROGEL


1. Aplikasi Hydrogel:  
·         Satu bungkus Hydrogel (10 gr) direndam     dalam air sebanyak 1,5 liter (5 gelas air).
·         Biarkan hydrogel selama 3 - 4 jam.
·         Butir hydrogel yang sudah jadi ditiriskan selama 1- 2 jam hingga semua kandungan airnya benar - benar tiris.
·         Hydrogel siap dipindahkan kedalam gelas bening, botol selai, pot kaca atau vas bunga transparan (bawahnya tidak berlubang) atau sebagai campuran media tanam.
2.  Hal yang harus dilakukan jika hydrogel mulai menyusut
            Rendam kembali hidrogel, lakukan seperti cara no.1

3. Jika hydrogel kotor terkena debu atau kotoran lainnya.
Rendam dengan air hangat kuku selama sekitar 1 jam terus tiriskan sekitar 1 jam.
4. Tanaman hias yang bisa  ditanam dengan media hydrogel
Tidak semua tanaman dapat tumbuh dengan baik menggunakan media hydrogel. Hydrogel juga bisa ditanami sayuran seperti selada, bayam kangkung dan caisim. Tanaman tersebut ditumbuhkan dahulu di arang sekam sampai berumur sebulan sebelum dipindah ke dalam hydrogel.

Umumnya tanaman hias yang bisa ditanam menggunakan media hydrogel mempunyai karakteristik :
·         tahan genangan (kadar air berlebih)
·         tahan kelembaban tinggi
·         tanaman indoor (yang dapat hidup dengan cahaya pantulan atau cahaya tidak langsung)
·         umumnya tidak berbunga & tidak berbuah
·         serta berbatang keras/tidak berkayu.
Contohnya : Aglaonema sp. (Srikit), Scindapsus sp. (sirih hias), Cripthantus sp. (nenas-nenasan), Dracaena sp. (bambu emerald), Pilea cadieri (daun mutiara), Cyperus sp. (rumput payung/air), Anthurium sp (misal kuping gajah),  Sanseviera (lidah mertua ) dll.

Meskipun hydrogel ini mempunyai kandungan air cukup tinggi tapi tidak semua tanaman air bisa tumbuh baik di media hydrogel misalnya teratai dan enceng gondok. Teratai dan enceng gondok tidak bisa tumbuh dengan baik di media hydrogel karena tanaman ini membutuhkan suplly air yang sangat tinggi dan sinar matahari langsung.

Hydrogel, produk ramah lingkungan ini merupakan kristal polimer yang
berfungsi menyerap dan menyimpan air dan nutrisi untuk tanaman dalam jumlah besar. Hydrogel dapat terurai melalui pembusukan oleh mikroba sehingga produk ini aman digunakan.

Hydrogel tidak larut dalam air tetapi dia hanya menyerap dan akan melepaskan air dan nutrisisecara proporsional pada saat dibutuhkan oleh tanaman. Dengan demikian tanaman akan selalu mempunyai persediaan air dan nutrisi setiap saat karena hydrogel berfungsi menyerap dan melepaskan (absorption - release cycles). Hydrogel mampu menyerap air sebanyak 500 kali berat hydrogel itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar